Cara menata dapur sempit agar lebih lega

Rajakapling.com – di lebaran ini mari kita jadikan lebih baik dengan dapur yang lebih lega Dapur mungil bisa diatur sedemikian rupa sehingga tampak dan terasa lebih lapang jika Anda tahu cara menata dapur sederhana secara tepat. Kuncinya adalah mengoptimalkan penyimpanan perkakas secara vertikal, bukan horizontal. Lemari-lemari dinding merupakan salah satu solusi untuk menempatkan objek-objek yang semula memakan tempat di dapur. Semakin sedikit barang berserakan di lantai dapur maka semakin lapang pula area dapur.

Penataan dapur sempit yang tepat juga akan mempermudah pergerakan Anda selama beraktivitas di dapur dan berujung pada efisiensi waktu memasak.

jual tanah kavling

Cara menata dapur kecil

Anda bisa mempertimbangkan beberapa perubahan tata letak di dapur seperlunya dengan memasang tempat-tempat penyimpanan vertikal. Perombakan besar-besaran tidak selalu diperlukan. Menambahkan beberapa unit lemari dinding sudah cukup untuk mempermudah Anda menata ruang dapur kecil. Sebisa mungkin tutup semua dinding di atas meja dapur dengan unit-unit lemari dinding, toh Anda tidak memerlukan ruang di dinding tersebut untuk bergerak di dapur, cukup sisakan 50-60cm ruang untuk menyiapkan makanan antara permukaan meja dapur dan dasar lemari dinding. Pilih unit lemari yang menjangkau hingga langit-langit sehingga tidak menyisakan celah antara plafon dan atap lemari.

Berikut ini tips penataan dapur sederhana:

  • Pindahkan perkakas dari rak dapur ke lemari-lemari. Tujuannya adalah mengosongkan rak dapur dan pada akhirnya menyingkirkannya. Dengan demikian, dapur menjadi lebih lapang secara signifikan tanpa rak dapur. Lagipula, menyimpan perkakas di lemari membuat dapur lebih rapi dan ringkas.
  • Sambil memindahkan perkakas dari rak ke lemari, pilah perkakas dapur Anda. Buang peralatan yang berlebihan, usang, dan tidak diperlukan lagi. Misalnya, Anda tidak perlu sampai tiga bakul nasi dan bertumpuk baskom, tiga variasi ukuran panci dan satu wajan seharusnya cukup untuk memasak sehari-hari. Sesuaikan jumlah perlengkapan makan dengan ukuran keluarga Anda. Cuci perkakas berdebu dengan sabun cuci piring cair,  sebelum dipindah ke lemari.
  • Jadikan area sekitar wastafel sekaligus sebagai tempat meniriskan peralatan dapur yang baru dicuci untuk menggantikan fungsi rak. Cara ini sekaligus membuat dapur lebih steril dari bakteri karena air langsung menetes ke saluran pembuangan, sedangkan pada rak piring air jatuh ke lantai. Pastikan perkakas kering sebelum disimpan ke lemari-lemari.
  • Manfaatkan lemari di kolong wastafel untuk menyimpan tempat sampah, peralatan kebersihan, dan produk-produk pembersih, termasuk botol sabun cuci piring.

Cara menata peralatan dapur

Dalam menata peralatan dapur, Anda perlu mempertimbangkan kemudahan mengaksesnya. Tempatkan setiap peralatan dapur di lokasi yang mudah dijangkau ketika Anda beraktivitas di dapur. Berikut ini tips menata dapur agar rapi dengan menyimpan perlengkapan dapur di lokasi yang tepat sesuai kebutuhan:

  • Perkakas kecil—seperti sendok, garpu, parut, pisau, dll—bisa ditaruh di laci-laci di bawah meja dapur.
  • Lemari-lemari di bawah meja dapur bisa dipakai untuk menyimpan bumbu, persediaan makanan kering, dan perkakas lain.
  • Jika lemari-lemari di dapur tidak cukup untuk menampung semua perkakas, pindahkan perlengkapan makan esensial—piring, mangkuk, cawan, gelas—ke lemari di ruang makan. Lokasi ini juga mempermudah Anda menyiapkan meja makan.
  • Lemari di bawah meja dapur yang dekat dengan kompor sesuai untuk menyimpan panci dan wajan sehingga mudah dijangkau.
  • Susun perkakas di dalam lemari dinding dan lemari bawah meja dapur secara vertikal pula.
Post by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *