Indonesia menjadi inspirasi Masjid Tertua Malaysia

Rajakapling.com – siapa yang sangka ternyata bangunan di malaysia terinspirasi dari indonesia jual tanah kavling coba mencari tahu Masjid Zahir adalah masjid yang terletak di negara bagian Kedah, tepatnya di jantung Alor Star, Malaysia. ternyata tidak selalu indonesia dan malaysia saling bertentangan

Masjid ini merupakan salah satu yang termegah dan tertua di negeri jiran ini. Dibangun pada tahun 1912, masjid ini didanai oleh Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah.

Upacara pembukaan resmi diadakan pada Jumat, 15 Oktober 1915 oleh almarhum HRH Sultan Abdul Hamid Halim Shah.

Tunku Mahmud membaca khotbah Jumat sementara HRH Sultan Abdul Hamid Shah memimpin shalat Jumat.

Arsitekturnya terinspirasi Masjid Azizi di Kota Langkat di Sumatera Utara. Masjid ini didirikan dengan lima kubah besar yang melambangkan lima prinsip utama Islam.

Masjid Zahir menempati lokasi seluas 11,558 hektar. Dengan luas ini, masjid tersebut bisa menampung kira-kira 5.000 jamaah.

Pusat aulanya dirancang berdimensi 5,8 x 5,8 meter persegi dan dikelilingi oleh beranda selebar 2,4 meter dengan 4 daerah mezzanine.

Setiap daerah mezzanine beratap kubah. Kubah ini terutama terletak di bagian utara-timur bangunan masjid.

Masjid ini memiliki 4 menara yang diletakkan di setiap sudut. Uniknya, menara kelima, dibangun lebih tinggi daripada yang lainnya.

Keunikan masjid ini adalah karena memiliki fitur-fitur yang indah. Perpaduan kaligrafi, pola geometris, dan fasad kaca berwarna biru membuat masjid ini memiliki daya tarik tersendiri.

 

Post by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *