Jual Kavling – Apakah Rumah Anda Sudah Tahan Gempa?

Rajakpling.com – Indonesia menjadi salah satu negara yang sering terkena gempa tidak heran karena memang di lewati oleh garis bumi. Untuk mengantisipasinya apakah rumah anda tahan gempa? Terutama ada yang membangun dan berbisnis properti. Sudahkah konstruksi anda tahan gempa?.

Belajar dari gempa di aceh Universitas Negeri Padang mengundang ahli di bidang struktur Profesor Herman Wahyudi. Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengatakan keberhasilan bangunan anti gempa terletak pada pondasi bangunan, terutama untuk bangunan bertingkat tiga sampai lima harus menggunakan pondasi yang dilengkapi dengan sejumlah rusuk.

Penggunaan rusuk ini diadopsi dari konstruksi sarang laba-laba yang menggunakan rusuk-rusuk berbentuk segitiga. Dengan begitu, lanjut Herman, meskipun termasuk pondasi dangkal namun sangat kaku rigid sehingga kuat menahan gempa.

“Dalam bidang teknik sipil rusuk berbentuk segitiga dikenal stabil meskipun menerima tekanan (stressing) baik itu gempa atau beban berat,” kata Herman.

Jika kita memahami cara menangkalkan itu akan meminimalisir kerusakan di bagunan jika terkena gempa.

Post by Admin RK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *