Jual Kavling – Mendeteksi Gempa Dengan Sensor

Rajakapling.com – Belum lama ini dua ahli gempa asal Jepang yakni Profesor Suzuki dan Profesor Yusuke Ono hadir dalam seminar internasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Padang untuk memberikan pendapatnya mengenai gempa di Padang dan Aceh.

Profesor Suzuki, mengatakan perlunya mengenali kerusakan bangunan yang terkena gempa agar perbaikan dapat dilakukan dengan tepat. Cara itu bisa dilakukan dengan sebuah alat sensor.

“Lewat alat sensor yang ditempatkan dalam suatu bangunan akan dapat diketahui kerusakan yang terjadi apakah berat, ringan, atau sama sekali tidak mengalami kerusakan,” kata guru besar Toyo University Jepang tersebut dalam paparan ilmiahnya, Jumat (11/3/2016).

Suzuki mengatakan sensor tersebut dapat mengetahui kondisi bangunan yang terkena gempa, baik itu akibat besarnya getaran maupun frekuensi getaran yang berulang-ulang. Setelah itu, dibuatlah model bangunan dengan spesifikasi sesuai aslinya untuk kemudian dilakukan uji gempa seperti yang terjadi baik kekuatan maupun frekuensinya. Dari situlah akan ketahuan besar atau kecilnya kerusakan bangunan.

Post by Admin RK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *