Kiat Agar Kamar Mandi Sehat

Rajakapling.com – apapun rumahnya dan di manapun tempatnya pasti ada kamar mandi di dalamnya namun yang jadi pertanyaan adalah apa kamar mandi itu sehat atau tidak ? Idealnya, sebuah kamar mandi sehat memiliki beberapa karakteristik seperti sinar matahari bebas masuk, udara lancar mengalir, dan adanya tanaman pot yang membantu segarkan ruangan.

Kamar mandi memang tidak pernah digunakan lebih dari satu jam, tapi bukan berarti ruangan 1,5m x 1,5m dengan bak mandi atau shower dan kloset sudah cukup.

Seperti halnya ruangan lain di dalam rumah, kamar mandi pun perlu diperhatikan kesehatannya. Jadi tidak hanya fungsional, tapi juga nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Lembab adalah masalah yang paling menjadi ancaman di kamar mandi. Udara lembab di kamar mandi berpotensi menimbulkan lumut dan jamur yang akhirnya berpotensi menimbulkan kuman penyakit.

Walaupun membasuh badan mungkin hanya butuh waktu 15-30 menit, siapa yang mau melakukannya di kamar mandi yang kotor karena lumut dan jamur serta berbau tak sedap?

Agar kamar mandi tetap sehat dan bersih, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan. Caranya pun tak sulit.

Pertama, kamar mandi harus didesain untuk bisa memasukkan banyak sinar matahari, yaitu lewat skylight.

Sinar matahari yang cukup membuat kamar mandi lebih cepat kering sehingga jamur, lumut, dan bakteri tidak bisa berkembang biak.

Selain itu, masuknya sinar matahari ke kamar mandi membuat hemat listrik karena selama matahari bersinar, kamar mandi Anda tidak perlu penerangan dari lampu.

Langkah kedua adalah membuat lubang angin. Gunanya sendiri tak lain dan tak bukan sebagai jalur pertukaran udara.

Tetapi, banyak orang ragu membuat lubang angin di dinding. Alasannya karena takut privasi saat mandi terganggu.

Padahal itu bisa diakali dengan cara menempatkan tanaman di depan dinding yang berlubang supaya orang yang lewat tidak bisa mengintip.

Jika lubang angin dibuat dari susunan bata dan batako maka Anda bisa menyusunnya secara miring sehingga orang tidak bisa memandang langsung ke area kamar mandi.

Hal berikutnya yang membuat kamar mandi tergolong sehat adalah tanaman di dalam pot. Terdengar sederhana, tapi tanaman punya peranan yang cukup baik untuk membantu menyegarkan udara di kamar mandi.

Untuk tanaman di kamar mandi, selain indah Anda disarankan untuk memilih tanaman yang mampu bersifat menyerap polutan.

tetap kunjungi web rajakapling.com untuk mengetahui jual tanah kapling dan jual tanah kavling.

Post by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *