Menabung sebagai investasi nanti dahulu!

Rajakapling.com – Masih ingat dengan lagu menabung yang dahulu sering banget kita dengar karena memang menabung di gembor kan sebagai bentuk penghematan dan investasi masa depan tentunya. Sebenarnya kalau kita dengar dan cerna secara biasa maka tidak ada yang salah namun jika kita lihat dari ahli perekonomian dan bisnis menabung apa benar menjadi investasi yang baik di masa depan?

Di masa sekarang di mana bisnis dan investasi tidak mudah untuk di prediksi menabung bisa menjadi salah satu solusi namun ada istilah dalam ekonomi inflasi inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebih nya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara continu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menujukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga.

Nah dengan pertimbangan ini maka uang yang kita tabung hari ini sejumlah itu sudah pasti beberapa tahun uang itu sudah tak sekuat dahulu walah jumlahnya banyak. Ini yang harus di pertimbangkan ketika ingin menyimpan uang dalam bentuk tabungan. Bukan berarti tidak boleh tabung namun itu kan untuk darurat saja bukan investasi. Kalau itu berarti mengandalkan riba jika di bank.

Post by Admin RK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *